Friday, April 28, 2017

Inilah Foto-Foto Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Sejarah (Bagian 1)

Tags

Gunung berapi adalah gunung dengan kawah yang berisi magma yang berada di dalam perut bumi. Gunung berapi yang masih aktif bisa saja mengeluarkan magma tersebut sewaktu-waktu. Ada banyak sekali gunung berapi aktif yang ada di dunia ini, bahkan di Indonesia saja ada sekitar 127 gunung berapi aktif.

Dari berbagai bencana meletusnya gunung berapi di seluruh dunia, berikut adalah 10 foto yang menggambarkan betapa dahsyatnya letusan gunung berapi.


1. Gunung Mauna Ulu, Hawaii


Hawaii

Gunung Mauna Ulu adalah gunung berapi yang terletak di Hawaii dan berdekatan dengan Gunung api lainnya, Puʻu ʻŌʻō. Salah satu letusan terdahsyat yang pernah terjadi adalah di tahun 1969 sampai tahun 1974.

2. Gunung Tungurahua, Ekuador


Ekuador

Gunung Tungurahua adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Amerika Selatan yang terletak di Ekuador. Sejak tahun 2000, di bagian kawahnya muncul kubah lava baru. Dikarenakan keadaan yang berbahaya bagi masyarakat sekitar, banyak orang yang dievakuasi dari sekitar gunung tersebut.

3. Gunung Krakatau, Indonesia


Indonesia

Gunung Krakatau adalah gunung berapi yang terletak di Selat Sunda, antara pulau Jawa dan pulau Sumatra. Letusan terdahysat dari gunung ini terjadi pada Agustus 1883 dan membuat gunung ini sirna. Meletusnya gunung ini bahkan menyebabkan tsunami dan awan panas yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

Dengan daya ledak yang diperkirakan mencapai 30.000 kali daya ledak bom atom di Nagasaki dan Hiroshima, suara letusan gunung ini bisa terdengar hingga ke Alice Springs, Australia yang berjarak sekitar 4.653 kilometer.

4. Gunung Kilauea, Hawaii


Hawaii

Gunung Kilauea adalah gunung api paling aktif yang terletak di Kepulauan Hawaii. Letusan paling dahsyat pernah terjadi di tahun 1983. Bahkan letusan itu menjadi salah satu letusan gunung api dengan durasi terlama di dunia.

5. Gunung St. Helens, Amerika Serikat


Amerika Serikat

Gunung St. Helens adalah gunung berapi aktif terletak di Skamania County, Washington, Amerika Serikat. Letusan terdahsyat gunung ini pernah terjadi di tahun 1980 yang mengakibatkan area sekitar gunung tertutup oleh abu vulkanik.

6. Gunung Etna, Italia


Italia

Gunung Etna atau yang dikenal juga dengan nama Mongibello (gunung yang indah) oleh masayarakat lokal, adalah gunung berapi paling aktif yang di Eropa Gunung yang terletak di pesisir timur Sisilia, Italia, ini cukup sering meletus dengan letusan mirip kembang api raksasa dan sungai lahar. Terakhir gunung ini meletus di akhir tahun 2015.

7. Gunung Nabro, Eritrea


Nabro, Eritrea

Gunung Nabro adalah stratovolkano yang terletak Daerah Selatan Laut Merah, Eritrea. sebelum meletus di tahun 2011, gunung berapi ini sempat dianggap sudah tidak aktif lagi.

8. Gunung Mauna Loa, Hawaii


Hawaii

Apabila kalian mengira kalau foto di atas adalah adegan dalam sebuah film. Kalian salah! Foto itu adalah foto asli yang diambil oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat selama Gunung Mauna Loa meletus di tahun 1984. Gunung itu tiba-tiba saja meletus setelah tiga tahun terjadi gempa.

9. Gunung Mayon, Filipina



Gunung Mayon adalah gunung berapi aktif yang terletak di Provinsi Albay, Filipina. Degan bentuk yang menyerupai kerucut secara sempurna, gunung ini dijuluki sebagai Gunung Fuji-nya Filipina. Gunung ini tercatat pernah meletus dengan dahsyat di tahun 1814 yang menewaskan lebih dari 1200 orang.


10. Gunung Redoubt, Amerika Serikat


Amerika Serikat


Gunung Redoubt adalah gunung berapi aktif yang terletak di negara bagian Alaska, Amerika Serikat. Letusan terakhir gunung ini terjadi di tahun 2009, dengan semburan material vilkanik setingggi 15 kilometer dan meyebarkan abu samapai ke kota sekitar. Meski demikian, gunung ini biasanya tidak terlalu membahayakan masyarakat karena letaknya yang cukup jauh dari pemukiman warga.


Baca kelanjutannya di sini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon