Wednesday, November 8, 2017

20 Publisher Game Terbaik di Dunia (part 1)


Publisher game adalah perusahaan yang menerbitkan video game, baik yang dikembangkan sendiri secara internal ataupun dikembangkan oleh pihak pengembang eksternal. Publsiher juga bertanggung jawab atas pemasaran produk-produk game mereka.

Ada banyak sekali publisher game yang ada di dunia ini, dari perusahaan besar hingga publisher independen. Mereka semua berusaha untuk mengahasilkan game-game berkualitas untuk menarik minta pecinta game kepada mereka. Untuk melihat di antaranya, berikut 20 publisher game terbaik di dunia.

1. Electronic Arts



Electronic Arts adalah publisher video game yang bermarkas di Redwood City, Amerika Serikat. Perusahaan yang dibangun pada tahun 1982 oleh Trip Hawkins ini adalah publisher bagi game-game olahraga terbaik.

Melalui EA Sports, Electronic Arts memang lebih banyak dans erius menggarap game-game bergenre olahraga, dan yang paling terkenal tentu saja seri game FIFA-nya. Selain itu ada beberapa game terkenal yang mereka terbitkan seperti Battlefield, Need For Speed, The Sims, Mass Effect, dll.

2. Square Enix

 


Square Enix adalah produsen game yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Perusahaan ini adalah gabungan dari dua perusahaan game, Square dan Enix di tahun 2003.

Game-game buatan Square Enix yang terkenal adalah Final Fantasy, Hitman, Rise of the Tomb Raider, dll.

3. Nintendo



Nintendo adalah perusahaan video game yang tidak memproduksi game, namun juga memproduksi berbagai konsol untuk memainkan game tersebut. Nintendo didirikan pada tahun 1889 oleh Fusajiro Yamauchi di Kyoto, Jepang.

Nintendo adalah publisher bagi game-game yang populer bagi anak-anak tahun 90-an seperti Super Mario, Duck Hunt, The Legend of Zelda, dll.

4. Sony Interactive Entertainment



Sama seperti Nintendo, Sony Interactive Entertainment justru lebih terkeal sebagai produsen konsol game ternama PlayStation. Perusahaan yang merupakan anak perusahaan elektronik besar Sony ini didirikan pada tahun 1993.

Selain memproduksi PlayStation sebagai konsol, Sony juga membuat game mereka sendiri seperti Gran Turismo, God of War, Uncharted, dll.

5. Capcom



Capcom adalah publisher dan developer game yang bermarkas di Osaka, Jepang. Capcom adalah kependekan dari "Capsule Computers". Perusahaan ini didirikan pada tahun 1979. Beberapa game populer yang diterbitkan oleh Capcom di antaranya adalah Street Fighter, Resident Evil, Devil may Cry, dll.



6. Activision



Activision adalah publisher game yang didirkan pada tahun 1979 yang bermarkas di Santa Monica, Amerika Serikat. Produk pertama dari Activision adalah sebuah konsol video game bernama Atari 2600.

Beberapa game terkenal yang telah diterbitkan oleh Activison di antaranya adalah seri game Call of Duty, Guitar Hero, Toni Hawk's, dll.

Pada tahun 2008, Activion bergabung dengan Vivendi Games dengan nama Activision Blizzard.

7. Blizzard Entertainment



Blizzard Entertainment adalah publisher dan developer game komputer yang bermarkas di Irvine, Amerika Serikat. Blizzard adalah bagian Videndi Games yang memproduksi game-game komputer online terkenal seperti Warcraft, Diablo, StarCraft, dll.

8. Bandai Namco Entertainment



Bandai Namco adalah publisher video game yang berpusat di Tokyo, Jepang, yang didirikan pada 1 Juni 1955 oleh Masaya Nakamura. Perusahaan ini adalah hasil gabungan dari Bandai dan Namco di tahun 2006.

Bandai Namco adalah publisher bagi game-game seperti Pac-Man, Naruto: Ultimate Ninja, Tekken, Dragon Ball, dll.

9. Ubisoft



Ubisoft adalah perusahaan video game yang berpusat di kota Rennes, Prancis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1986 oleh Yves Guillemot.

Beberapa franchise game terkenal yang diterbitkan oleh Ubisoft adalah Assassins's Creed, Prince of persia, Tom Clancy's, Far Cry, Rayman, dll.

10. Konami



Konami adalah pembuat dan pengembang video game yang didirikan pada tahun 1969 di Osaka, Jepang. Pada awalnya Konami hanyalah bisnis rental dan perbaikan jukebox di Toyonaka, Osaka. Mereka mulai memproduksi game di tahun 1983.

Beberapa game terkenal yang diproduksi oleh Konami adalah Pro Evolutions Soccer, Metal Gear Solid, Castlevania, Silent Hill, dll.

Baca kelanjutan bagian keduanya di sini.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon